Rabu, 11 April 2012

ADSENSE/PERIKLANAN

A. Pengertian Adsense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
B. Beberapa Macam Bentuk Adsense Google
Bila Anda ingin memasukkan iklan Adsense secara manual, di sini kami paparkan beberapa macam/ tipe Adsense.
a. ADSENSE for CONTENT
Menampilkan iklan-iklan dari mereka yang memasang iklan di Google (Google Adwords). Format tampilan dapat bermacam-macam, ada yang berupa gambar, ada pula yang hanya teks. Keduanya terbagi-bagi lagi dalam bermacam- macam bentuk antara lain :
- Leaderboard (iklan memanjang horisontal), biasanya dipasang pada atas halaman web.
- Banner (mirip Leaderboard tetapi dengan ukuran lebih kecil)
- Scycrapper dan Wide Skycrapper (memanjang vertikal), biasanya dipasang di pasang sebelah kiri (atau kadang kanan) dari halaman web.
- Square, Medium Rectangle, dan Large Rectangle (iklan berbentuk segiempat), biasanya dipasang pada permulaan atau pertengahan artikel.
Untuk lebih jelasnya silakan klik link di bawah ini :
https://www.google.com/adsense/adformats
Pilihan warna border dan teks pun ada bermacam-macam. Tipe palet iklan yang terdapat di halaman web pada URL di atas adalah “Mother Earth” (silakan Anda klik & lihat
halaman tersebut secara online).Palet ‘Mother Earth’ mempunyai tampilan yaitu link Judul
berwarna biru, keterangan iklan berwarna hitam dan border biru tua. Anda bisa memilih yang lain dan sesuaikan dengan halamanweb Anda. Namun pada umumnya tipe palet standar lebih
disukai Adsense publisher maupun pengunjung.
Anda boleh memasang maksimum 3 buah Adsense for Content dalam setiap halaman web Anda. Google akan ‘membaca’ tulisan yang terdapat di halaman web dimana Anda memasang iklan Google, dan secara otomatis.mereka akan menyesuaikan iklan apa yang ditampilkan.
Jadi jika Anda menulis tentang ‘bisnis internet’, makaGoogle akan menampilkan iklan-iklan senada. Bila Anda menulis tentang beternak ikan, bermain musik, pendidikan, maka iklan-iklan Google pun akan disesuaikan. Anda juga bisa mem-filter iklan-iklan tertentu untuk tidak tampil di website Anda, khususnya iklan-iklan dari pesaing Anda (mereka yang menjual produk/ service yang sama dengan Anda).
b. ADSENSE for SEARCH
Menampilkan fasilitas Search Engine Google di website Anda. Anda akan dibayar jika ada yang menggunakanfasilitas Search engine tersebut. Harap bedakan dengan Google Free Search. Baik Adsense for Search maupun Google Free Search melakukan pencarian sesuai kata yang kita masukkan. Keduanya pun bisa dipasang di website kita dengan gratis.
Perbedaannya, Anda akan dibayar jika ada pengunjung yang mencari lewat Adsense for search, sementara bila Anda memasang Google Free Search , Anda tidak akan dibayar meskipun banyak pengunjung Anda menggunakannya.
Anda bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Anda bias memasukkan sampai 3 URL (nama domain ) yang berbeda.
Kelebihan lainnya dari adsense for Search selain dapat menghasilkan uang adalah Anda dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Anda dapat memasukkan Logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.
Sama seperti Adsense for Content, Anda juga dapat memfilter hasil pencarian agar tidak menampilkan iklan tertentu. Bahkan Anda juga dapat memilih pencarian untuk kategori tertentu saja bagi fasilitas Adsense Search yang Andasediakan di situs Anda. Bila fitur ini di non aktifkan maka Google aka melakukan ‘public search’ seperti biasa (menampilkan semua kategori).
c. ADSENSE for REFERAL
Saat ini terdiri dari 4 macam (dikemudian hari bias bertambah lagi yang berkolaborasi dengan Google) yaitu:
- Referal untuk “Google Adsense”Menampilkan tombol Referal, yaitu tombol yang mengarahkan pengunjung untuk mendaftar Adsensemelalui referensi Anda ( mungkin Anda lebih terbiasa dengan kata “sponsor”). Ada bermacam warna dan bentuk tombol yang dapat Anda pilih. Salah satu formatnya adalah seperti ini :
- Referal untuk Google Adwords.
Menampilkan tombol referal dimana pengunjung dapat mendaftar Google Adwords atas dasar referensi Anda.
- Referal untuk Firefox
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan ke halaman Google untuk mendownload Browser Mozilla Firefox. Ketika pengunjung yang belum pernah menginstall Firefox di komputer mereka, (misalnya sebelumnya memakai Internet Explorer ) kemudian mereka menginstal Firefox melalui referensi Anda dan menjalankan browser tersebut untuk pertama kalinya, maka Anda akan mendapat income dari Google.
-Referal untuk Picasa
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan untuk mendownload Software Photo Organizer.
Tersedia versi Freeware nya yang bagus dan cukup canggih. Perlu dimiliki bila Anda adalah pengguna digital camera, atau handphone camera, ataupun sekedar hobby mengoleksi berbagai photo dan image. (Software ini bekerja pada operasi Windows dan Internet
Explorer 5.5 ke atas)
Ketika ada seseorang /pengunjung datang ke situs Anda, mengklik link Referal seperti di atas ini, mendownload dan kemudian menginstall software ini di computer mereka, maka Anda mendapat 1 (satu) dollar (US) dari Google.
Anda bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Anda bias memasukkan sampai 3 URL (nama domain ) yang berbeda.
Kelebihan lainnya dari adsense for Search selain dapat menghasilkan uang adalah Anda dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Anda dapat memasukkan Logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.
Sama seperti Adsense for Content, Anda juga dapat memfilter hasil pencarian agar tidak menampilkan iklan tertentu.
Bahkan Anda juga dapat memilih pencarian untuk kategoritertentu saja bagi fasilitas Adsense Search yang Anda sediakan di situs Anda. Bila fitur ini di non aktifkan maka Google aka melakukan ‘public search’ seperti biasa (menampilkan semua kategori).
C. Contoh Adsense
http://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=id&answer=1726474

ADSENSE/PERIKLANAN

A. Pengertian Adsense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
B. Beberapa Macam Bentuk Adsense Google
Bila Anda ingin memasukkan iklan Adsense secara manual, di sini kami paparkan beberapa macam/ tipe Adsense.
a. ADSENSE for CONTENT
Menampilkan iklan-iklan dari mereka yang memasang iklan di Google (Google Adwords). Format tampilan dapat bermacam-macam, ada yang berupa gambar, ada pula yang hanya teks. Keduanya terbagi-bagi lagi dalam bermacam- macam bentuk antara lain :
- Leaderboard (iklan memanjang horisontal), biasanya dipasang pada atas halaman web.
- Banner (mirip Leaderboard tetapi dengan ukuran lebih kecil)
- Scycrapper dan Wide Skycrapper (memanjang vertikal), biasanya dipasang di pasang sebelah kiri (atau kadang kanan) dari halaman web.
- Square, Medium Rectangle, dan Large Rectangle (iklan berbentuk segiempat), biasanya dipasang pada permulaan atau pertengahan artikel.
Untuk lebih jelasnya silakan klik link di bawah ini :
https://www.google.com/adsense/adformats
Pilihan warna border dan teks pun ada bermacam-macam. Tipe palet iklan yang terdapat di halaman web pada URL di atas adalah “Mother Earth” (silakan Anda klik & lihat
halaman tersebut secara online).Palet ‘Mother Earth’ mempunyai tampilan yaitu link Judul
berwarna biru, keterangan iklan berwarna hitam dan border biru tua. Anda bisa memilih yang lain dan sesuaikan dengan halamanweb Anda. Namun pada umumnya tipe palet standar lebih
disukai Adsense publisher maupun pengunjung.
Anda boleh memasang maksimum 3 buah Adsense for Content dalam setiap halaman web Anda. Google akan ‘membaca’ tulisan yang terdapat di halaman web dimana Anda memasang iklan Google, dan secara otomatis.mereka akan menyesuaikan iklan apa yang ditampilkan.
Jadi jika Anda menulis tentang ‘bisnis internet’, makaGoogle akan menampilkan iklan-iklan senada. Bila Anda menulis tentang beternak ikan, bermain musik, pendidikan, maka iklan-iklan Google pun akan disesuaikan. Anda juga bisa mem-filter iklan-iklan tertentu untuk tidak tampil di website Anda, khususnya iklan-iklan dari pesaing Anda (mereka yang menjual produk/ service yang sama dengan Anda).
b. ADSENSE for SEARCH
Menampilkan fasilitas Search Engine Google di website Anda. Anda akan dibayar jika ada yang menggunakanfasilitas Search engine tersebut. Harap bedakan dengan Google Free Search. Baik Adsense for Search maupun Google Free Search melakukan pencarian sesuai kata yang kita masukkan. Keduanya pun bisa dipasang di website kita dengan gratis.
Perbedaannya, Anda akan dibayar jika ada pengunjung yang mencari lewat Adsense for search, sementara bila Anda memasang Google Free Search , Anda tidak akan dibayar meskipun banyak pengunjung Anda menggunakannya.
Anda bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Anda bias memasukkan sampai 3 URL (nama domain ) yang berbeda.
Kelebihan lainnya dari adsense for Search selain dapat menghasilkan uang adalah Anda dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Anda dapat memasukkan Logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.
Sama seperti Adsense for Content, Anda juga dapat memfilter hasil pencarian agar tidak menampilkan iklan tertentu. Bahkan Anda juga dapat memilih pencarian untuk kategori tertentu saja bagi fasilitas Adsense Search yang Andasediakan di situs Anda. Bila fitur ini di non aktifkan maka Google aka melakukan ‘public search’ seperti biasa (menampilkan semua kategori).
c. ADSENSE for REFERAL
Saat ini terdiri dari 4 macam (dikemudian hari bias bertambah lagi yang berkolaborasi dengan Google) yaitu:
- Referal untuk “Google Adsense”Menampilkan tombol Referal, yaitu tombol yang mengarahkan pengunjung untuk mendaftar Adsensemelalui referensi Anda ( mungkin Anda lebih terbiasa dengan kata “sponsor”). Ada bermacam warna dan bentuk tombol yang dapat Anda pilih. Salah satu formatnya adalah seperti ini :
- Referal untuk Google Adwords.
Menampilkan tombol referal dimana pengunjung dapat mendaftar Google Adwords atas dasar referensi Anda.
- Referal untuk Firefox
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan ke halaman Google untuk mendownload Browser Mozilla Firefox. Ketika pengunjung yang belum pernah menginstall Firefox di komputer mereka, (misalnya sebelumnya memakai Internet Explorer ) kemudian mereka menginstal Firefox melalui referensi Anda dan menjalankan browser tersebut untuk pertama kalinya, maka Anda akan mendapat income dari Google.
-Referal untuk Picasa
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan untuk mendownload Software Photo Organizer.
Tersedia versi Freeware nya yang bagus dan cukup canggih. Perlu dimiliki bila Anda adalah pengguna digital camera, atau handphone camera, ataupun sekedar hobby mengoleksi berbagai photo dan image. (Software ini bekerja pada operasi Windows dan Internet
Explorer 5.5 ke atas)
Ketika ada seseorang /pengunjung datang ke situs Anda, mengklik link Referal seperti di atas ini, mendownload dan kemudian menginstall software ini di computer mereka, maka Anda mendapat 1 (satu) dollar (US) dari Google.
Anda bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Anda bias memasukkan sampai 3 URL (nama domain ) yang berbeda.
Kelebihan lainnya dari adsense for Search selain dapat menghasilkan uang adalah Anda dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Anda dapat memasukkan Logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.
Sama seperti Adsense for Content, Anda juga dapat memfilter hasil pencarian agar tidak menampilkan iklan tertentu.
Bahkan Anda juga dapat memilih pencarian untuk kategoritertentu saja bagi fasilitas Adsense Search yang Anda sediakan di situs Anda. Bila fitur ini di non aktifkan maka Google aka melakukan ‘public search’ seperti biasa (menampilkan semua kategori).
C. Contoh Adsense
http://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=id&answer=1726474

PERIKLANAN

KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
(INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION)
IMC (menurut buku Advertising Management; chapter 3) adalah sebuah konsep dari perencanaan komunikasi pemasaran yang memperkenalkan nilai tambah dari rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi—misalnya periklanan umum, respon langsung, sales promotion, dan PR—dan mengombinasikan disiplin-disiplin ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi yang maksimal.
Secara sederhana-nya IMC dapat diartikan sebagai “Proses dari pengelolaan customer relationships yang menggerakkan brand value.” Sedangkan secara spesifik, IMC dapat diartikan sebagai “proses yang mempunyai fungsi bersilang dalam menciptakan dan memelihara hubungan yang menguntungkan dengan customer dan stakeholder lainnya dengan mengontrol dan mempengaruhi secara strategis semua pesan yang terkirim kepada kelompok ini serta menggerakkan dialog dengan maksud tertentu kepada mereka.”
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah satu dari sekian proses yang tersedia guna membina hubungan dengan customer. Apa yang membedakan IMC dengan proses customer-centric lainnya adalah dasar dari proses tersebut adalah komunikasi, yang merupakan jantung dari semua hubungan, dan juga merupakan proses yang sirkuler.
Seperti yang sudah disebutkan diatas, konsep dasar dari IMC adalah komunikasi. Dengan komunikasi ini, IMC berusaha untuk memaksimalkan pesan positif dan meminimalkan pesan negatif dari suatu brand, dengan sasaran menciptakan dan menyokong brand relationship. Untuk membangun hubungan jangka panjang, IMC juga digunakan untuk membangun dan memperkuat brand. Brand relationship yang positif juga akan menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai dari pemegang saham perusahaan tersebut.
Semakin banyaknya istilah IMC yang dipakai oleh para praktisi dan pakar pendidikan, namun tidak ada istilah yang benar-benar disetujui tentang apakah IMC itu? Tapi ada dua ide pokok mengenai IMC: (Sumber: buku Advertising Management)
1. komunikasi pemasaran yang bersifat one-voice. Maksudnya adalah, walaupun elemen komunikasi pemasaran yang digunakan berbeda-beda dalam meraih konsumen namun semua itu harus dapat dikoordinasi dengan cara yang tepat oleh berbagai organisasi dan agensi yang bekerja pada elemen-elemen yang berbeda tersebut
2. Komunikasi yang berintegrasi
Komunikasi disini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau pencitraan produk yang baik saja, namun juga harus dapat menimbulkan hasil penjualan yang baik
FILOSOFI IMC MENURUT PERSPEKTIF BIDANG PEMASARAN DAN BIDANG KOMUNIKASI
Perspektif Komunikasi
Lagi, seperti yang sudah diuraikan diatas, fondasi yang penting dari IMC merupakan komunikasi—pengiriman dan penerimaan pesan. Seperti halnya kita berkomunikasi dengan teman, kita secara sadar ataupun tidak, menggunakan kata-kata, aksi, gerak tubuh, bahkan mimik muka tertentu. Ketika kita berkomunikasi dengan ortu atau guru, mungkin strategi komunikasi kita akan cenderung serius. Tetapi jika kita berkomunikasi dengan sahabat, pesan yang disampaikan mungkin akan lebih fleksibel, dan bahkan terkesan konyol. Tetapi, walaupun kita mengirimkan berbagai jenis pesan kepada berbagai jenis orang, semua isi pesan yang datang dari kita mempunyai konsistensi yang membuat penerimanya tahu bahwa pesan ini datang dari kita, bukan dari orang lain. Dalam IMC pun, konsistensi juga diperlukan agar brand image dapat menancap kuat dalam benak konsumen.
Dalam prakteknya, IMC tidak jauh berbeda dengan hubungan personal. Memilih suatu brand, sama halnya dengan memilih teman. Kita mempunyai banyak pilihan yang harus dipertimbangkan. Terkadang kita lebih memilih berteman dengan orang yang biasa-biasa saja tapi pengertian dibandingkan dengan orang yang populer tapi egois, bukan? Sama halnya IMC dari perspektif komunikasi, kadang pilihan kita terhadap suatu brand tergantung dari apa yang dikomunikasikannya kepada kita. Misalnya: kita memilih bank X karena tagline-nya yang berbunyi “melayani dengan senyum” disertai dengan pelayanan dari teller-nya yang benar-benar ramah dan dengan senyuman. Bahkan menurut penelitian dari customer yang meninggalkan brand tertentu, 70 persen-nya mengatakan bahwa alasan mereka meninggalkan brand itu bukan karena produk/jasanya yang kurang memuaskan, tetapi dikarenakan bagaimana cara mereka memperlakukan customer kurang memuaskan.
Perspektif Pemasaran
Untuk mengerti IMC, kita harus memahami pengertian dasar dari pemasaran, karena fungsi-fungsi IMC sendiri berada dibawah payung pemasaran. Seperti halnya pemasaran, IMC sendiri merupakan konsep sekaligus proses. Dalam konsepnya, IMC menciptakan customer dan brand equity; sedangkan dalam prosesnya me-manage hubungan jangka panjang dengan customer.
Dalam IMC, kita memadukan fungsi-fungsi pemasaran seperti advertising, personal selling, sales promotion, PR, dsb. guna menciptakan dan memelihara suatu brand relationships. Untuk menciptakan suatu brand relationships yang baik, maka diperlukan penciptaan brand message yang baik pula. Sekali lagi, untuk menciptakan brand message yang baik itu, maka fungsi-fungsi pemasaran harus berjalan terpadu dan tidak saling kontradiksi. Misalnya: ketika kita mengiklankan produk parfum untuk kalangan wanita elit, maka pengemasan parfumnya harus dibuat dengan kesan mewah juga. Nah, ketika brand relationship terpelihara dengan baik, maka dengan sendirinya customer akan memilih brand kita, dan akan meningkatkan penjualan serta meraih untung kelak. Secara otomatis, dengan IMC itulah, maka tujuan dari pemasaran, yakni supaya customer mengenal dan mau membeli produk kita, telah tercapai.
KONSEP DASAR PENGEMBANGAN BERBAGAI PROGRAM IMC
1. DIRECT MARKETING
Disaat perusahaan ingin berhubungan langsung dengan customer tanpa melalui retailer, maka digunakanlah direct-response marketing, seperti: close-loop, interactive, database-driven messaging system yang menggunakan banyak jenis media untuk menciptakan respon behavioral.
Direct marketing merupakan salah satu fungsi IMC yang terdiri dari front-end dan back end operations. Front-end menyusun harapan-harapan dari konsumen yang mencakup the offer (yakni segala sesuatu yang nyata maupun tidak dijanjikan oleh perusahaan guna mencapai perilaku customer yang diinginkan perusahaan, misal: penawaran harga khusus, garansi, dll), the database (mendapatkan data customer-nya dan menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya) dan the response (memberikan respon yang baik terhadap customer, misal: dengan membuat toll-free-line untuk layanan customer) sedangkan back end berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk, mencakup fulfillment (yakni membuat produk atau informasi yang diminta oleh konsumen cocok, efektif dan tepat waktu).
2. SALES PROMOTION
Sales promotion merupakan istilah singkat dari penawaran nilai tambah yang dirancang untuk menggerakkan dan mempercepat respons dari customer. Contoh dari nilai tambah itu sendiri adalah “kesempatan untuk memenangkan hadiah”, potongan harga (seperti diskon 20 %, sale 50 % off, dsb.), produk ekstra (seperti “isi teh kotak 30% lebih banyak”), sample gratis dan premiums (misalnya beli rinso dapat piring cantik)
Pada konsepnya, Sales promotion digunakan untuk memotivasi customer agar melakukan aksi dengan membeli produk yang dipicu dengan adanya penawaran produk dalam jangka waktu terbatas.
3. PUBLIC RELATIONS/MPR
PR dalam konsepsi IMC melakukan pekerjaan yang sangat luas dan beragam, tidak hanya bertugas men-track opini publik saja, tetapi juga bertugas me-manage corporate brand dan menjaga reputasinya.
Lalu MPR merupakan salah satu fungsi PR yang digunakan sebagai media tanpa bayar untuk menyampaikan brand information guna mempengaruhi calon customer atau customer secara positif. MPR sendiri lebih fokus kepada customer atau calon customer dan melengkapi strategi marketing yang lain dengan 4 cara: (1) meningkatkan kredibilitas brand message; (2) menyampaikan message sesuai targetnya berdasarkan aspek demografis, psikografis, etnik atau khalayak secara regional; (3) mempengaruhi opinion leader atau trendsetter yang berpengaruh; (4) melibatkan customer dan stakeholder lainnya pada event spesial.
4. PERSONAL SELLING
Personal Selling adalah komunikasi dua arah dimana seorang penjual menjelaskan fitur dari suatu brand untuk kepentingan pembeli. Dalam Personal Selling, dilibatkan komunikasi yang sifatnya tatap muka dan kegiatannya pada sekaramg ini terfokus pada pemecahan masalah dan penciptaan nilai bagi customer (lebih dikenal sebagai partnership) Dimensi dari partnership ini adalah, seorang salesperson harus memahami customer-nya dengan baik.
Personal selling sendiri merupakan bagian dari direct marketing, namun perbedaan dasarnya adalah dalam personal selling, perusahaan yang dijembatani salesperson berinteraksi secara tatap muka dengan customer.
5. ADVERTISING
Advertising merupakan “Suatu bentuk dari presentasi non-personal dan promosi dari suatu ide, barang atau jasa yang tidak gratis (berbayar) dan dilakukan oleh sponsor (perusahaan) yang teridentifikasi. Karakteristik dari iklan sendiri adalah bersifat non-personal, komunikasi satu arah, ada sponsor (khalayak yang peduli), dan bertujuan untuk mengubah sikap dan perilaku.
Biasanya advertising itu dipakai ketika suatu perusahaan ingin mengubah customer dari unaware, menjadi aware terhadap suatu brand.
6. PUBLICITY
Publicity sendiri merupakan salah satu jasa yang disediakan oleh Public Relations Firm maupun Advertising Agency. Publicity timbul untuk membantu menangkap perhatian publik dan membedakan tiap-tiap perusahaan tersebut dari perusahaan-perusahaan lain yang menjadi saingannya. Publicity dalam MPR berarti memeproleh penyebutan nama merek di media massa dalam cara-cara yang berbeda, waktu dan tempat sesering mungkin sehingga menjadi top-of mind awareness. Walaupun PR menawarkan kredibilitas yang lebih besar dalam membangun publicity, namun advertsing dapat menawarkan awareness dan kontrol yang lebih besar. Lalu untuk beberapa alasan, maka sejumlah perusahaan menyampaikan pesan PR mereka lewat advertising.
7. EVENTS/SPONSORSHIP
Event marketing adalah situasi yang signifikan atau peristiwa promosional yang mempunyai fokus utama untuk menangkap perhatian dan melibatkan customer dalam event tersebut. Perusahaan dan organisasi-organisasi non-profit menggunakan events dengan beberapa alasan, yaitu: untuk melibatkan sasaran khalayak, untuk mengasosiasikan sebuah brand dengan aktivitas, gaya hidup atau orang-orang tertentu, untuk meraih sasaran khalayak yang sulit dijangkau, untuk meningkatkan brand awareness dan untuk menyediakan platform yang baik bagi brand publicity.
Sponsorship adalah dukungan finansial kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas merek dan suatu hubungan. Sponsorship dapat membedakan sekaligus meningkatkan nilai suatu merek. Beberapa pedoman yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam memilih sponsorship: target khalayak, penguatan citra merek, dapat diperpanjang, keterlibatan merek, biaya yang efektif dan sponsor lainnya.
8. INTERACTIVE MARKETING
Interactive marketing disini lebih tertuju kepada bagaimana suatu perusahaan mampu atau tidak berkomunikasi dengan customer-nya atau mampu memberikan solusi yang baik, yang terkait dengan penggunaan produk. Dalam hal ini interactive marketing juga terkait dengan customer relationship management.

sumber:http://kili.multiply.com/journal/item/11

pengertian toko online

Apa pengertian toko online? Pada dasarnya toko offline dan toko online adalah sama. Jika toko offline maka pembeli atau konsumen akan mendatangi tempat usaha anda, misal alamat saya di krapyak wetan, panggung harjo, sewon, bantul yogyakarta. Maka pembeli mendatangi tempat usaha saya tersebut. Sedangkan alamat toko online adalah www.jasa-service-ac-jogja.com. Jadi kesimpulanya pengertian toko online adalah sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang-barang anda di toko online anda. Berupa foto-foto.

Apa saja keuntungan toko online dibanding yang offline?
1.Keuntunganya tentu sangat banyak, disamping pengunjung yang datang adalah yang betul-betul berminat dengan product anda. Anda tidak perlu dibuat repot membuat famflet ataupun membuat iklan-iklan di media offline.
2. Toko online tidak harus ditungguin, bahkan anda tinggal menerima order jika ada pelanggan yang berminat dengan product anda.
3. Sarana paling efektif untuk promosi di jaman kemajuan tekhnologi. Karena saat ini internet dapat diakses dimanapun. Bahkan lewat HP. Saya sendiri memilih mencari barang yang saya butuhkan di internet. Misal saya membutuhkan sebuah tas, saya akan cari dimesin pencari tetang info tas di kota saya. Saya tinggal mengetik" Jual Tas Murah Jogja"

Apakah saat kita membuat toko online langsung terdeteksi mesin pencari.
Tentu tidak begitu saja, anda perlu melakukan pendaftaran toko online anda di mesin pencari misalnya google atau yahoo untuk mempromosikan web toko online anda. disamping itu toko online yang baik adalah yang sudah di seo kan. dengan beberapa tips seo. liha tips seo disini.

Toko apa saja yang bisa dibuat secara online?
Bebas dan tentunya apa saja.

Adakah contoh toko online?
Ini juga merupakan toko online, toko yang melayani jasa pembuatan blog secara online.
Atau lihat dibagian samping, kiri web blog ini. disana ada banyak contoh toko online pelanggan kami. Atau secara garis besar tampilanya seperti ini. Klick Gambar agar lebih besar.


info: Kami disini juga melayani pembuatan toko online dengan web blog,
dengan harga murah kwalitas profesional. hanya ada di
jasa pembuat toko online



http://www.jasa-pembuatan-blog.com/2009/12/pengertian-toko-online-jasa-pembuatan.html

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management